Selasa, 08 Januari 2008

Selamat Anda Tinggal/Naik Kelas*..!


Ass.wr.wb.

"Terlalu banyak orang yang menghabiskan terlalu banyak waktu mencoba untuk menyempurnakan sesuatu sebelum mereka benar-benar melakukannya. "

Kalimat tsb. saya temukan di buku Whatever You Think, Think The Opposite Karya Paul Arden. Ketika menonton Kick Andy di akhir acaranya Bung Andy F.Noya memperlihatkan buku tsb. Penasaran seperti apa isinya ya jadinya beli deh.

Kembali ke kalimat tsb. hmmhmm..seperti tagline-nya salah satu TV ..Gue Banget!!. Ya terkadang ketika saya menghadapi peluang usaha terlalu banyak berpikir dan menginginkan agar usaha tersebut dapat berjalan dengan sempurna. Kalau bisa dianalisa dari berbagai sisi yang kompleks. Sampai pada satu titik, akhirnya saya mengatakan sepertinya peluang ini tidak layak untuk dijalankan dengan alasan -alasan:terlalu lama BEP-nya, modal yang dibutuhkan besar, marjin keuntungannya terlalu tipis, marketnya terlalu kecil, susah ngejalaninnya, takut produknya tidak laku, dsb. Alasan-alasan itulah yang sebenarnya menjadi tameng, pelindung, dan pertahanan bagi saya untuk menghindar dari ketidakpastian akan menjalani usaha. Dengan kata lain..sebenarnya saya itu takut untuk menjalani usaha, That's it.

Setelah memberanikan diri menjalani usaha (Alhamdulillah..meskipun recehan) ya tenyata memang benar..susah pada saat awalnya. Setelah itu roda seolah-olah berjalan dengan sendirinya. Temen-temen yang sudah sukses bilangnya "Jangan sampai roda itu berhenti berputar karena akan ada effort yang lebih besar untuk menggerakkannya kembali".
Siap..!!

Insya Allah niat tahun ini mau bikin bisnisnya naik kelas. Mudah-mudahan dapat terwujud dan Alhamdulillah sudah ada jalan menuju kelas yang baru. Hanya ada satu hambatan yang menjadi masalah bagi saya..masalah tersebut adalah "Ketakutan". Ya..ketakutan yang muncul seperti pada saat memulai usaha. Terbayang masalah yang akan lebih kompleks dan saya tidak mampu menghadapinya. Namun saya berharap rasa takut itu tidak sebesar pada saat benar-benar baru memulai usaha.

Sekali lagi saya mengutip kalimat dari buku Whatever You Think, Think The Opposite.

"Instead of waiting for perfection, run with what you've got, and fix it as you go."

Mudah-mudahan bermanfaat.

Wass.wr.wb.

NB: *=coret yang tidak perlu



2 komentar:

Anonim mengatakan...

Trm ksh tulisan lo.. Skrng gue jadi lebih fokus..
Tapi gue ngga tau fokus kemana?

Hahaha

Robi Apriyadi mengatakan...

Saran saya Pak Danang..
Fokuslah untuk menjawab ketidaktahuan Anda.HEhehe.
Peace.