Minggu, 06 Januari 2008

Perjalanan Menjadi Bengkel Resmi

Ass.wr.wb.

Mau cerita sedikit mengenai pendirian bengkel resmi. Mudah2an bermanfaat.

Sekitar 4 tahun yang lalu kami (saya+abang) mengajukan ke Honda untuk pendirian bengkel AHASS. Namun entah kenapa tidak ada respon. Padahal lokasi kami strategis+belum ada bengkel AHASS di sekitar.Pengalaman sebagai bengkel juga sudah 6 tahun meskipun hanya sebagai bengkel umum.Persyaratan yang lain pun insya Allah sudah memenuhi.

Keputusan untuk menjadi bengkel resmi diambil karena banyak manfaat yang bisa didapat seperti pelatihan mekanik & front liner, info terbaru mengenai teknologi motor, image, tren konsumen untuk pergi ke bengkel resmi juga semakin meningkat, dsb.

Selang beberapa minggu..tiba-tiba teman abang saya datang untuk membantu pengajuan bengkel resmi. Bukan AHASS tapi Yamaha. Sedikit ragu juga pada awalnya karena pada saat itu pangsa pasar Yamaha baru mencapai +/- 26%. Namun setelah kami berdiskusi akhirnya kami putuskan untuk mengajukan proposal ke Yamaha. Beberapa hari kemudian pihak Yamaha datang untuk melakukan survei dan mereka menyatakan OK.

Setelah Yamaha OK kemudian abang saya memutuskan untuk memberi tahu kepada para mekanik. Keputusan ini ternyata disambut dengan pesimis. Bahkan beberapa mekanik menyatakan akan mundur. Dengan alasan jenis motor yang akan dilayani terbatas Yamaha. Sehingga akan mengurangi jumlah penghasilan mereka. Kami memang menerapkan bagi hasil kepada mekanik. Kami memutuskan tetap melanjutkan rencana tsb. dengan risiko kami ditinggal para mekanik. Keyakinan potensi ke depan yang menyebabkan kami berani mengambil risiko tersebut.

Singkat cerita..bengkel resmi Yamaha pun berdiri. Kemudahan yang diberikan Yamaha sangat membantu kami. Keraguan orang terhadap keputusan yang diambil terjawab sudah.

Alhamdulillah... 27 Desember 2007 abang saya membuka cabangnya yang ke-2.

Terkadang Tangan Tuhan bekerja dengan cara yang kita tidak pahami.

Wass.wr.wb.







6 komentar:

BrongkolRaya mengatakan...

good..good. tapi ngomong2 gimana detilnya bisa jadi bengkel resmi Yahama: modal,syarat2,dsb

andi mengatakan...

terima kasih telah berbagi, akan lebih memuaskan kalo diberi penjelasan dan cerita sedetil dan selengkap mungkin agar bisa menambah pengetahuan yang lain. mengenai biaya, persayaratan dll dan apakah hanya dalam beberapa hari disurvei?? cepet banget yamaha

Anonim mengatakan...

bang prosedur pengajuan bengkel resminya gimana?trmksh...

Anonim mengatakan...

bang prosedur pengajuan bengkel resminya gimana?trmksh...

Anonim mengatakan...

bang prosedur pengajuan bengkel resminya gimana?trmksh...

Pamenang Selatan mengatakan...

ngomong ngomong, bang...
bagaimana detailnya proposal mengajukan menjadi bengkel resmi yamaha, bang...?
mohon pencerahannya bang...
makasih...