Kamis, 13 Desember 2007

Bisnis Recehan

Ass.wr.wb.

Dari awal berbisnis memang saya memilih yang recehan.
Kenapa?? Menurut saya bisnis recehan itu :
1. Biasanya modal uang tidak terlalu besar
2. BEP-nya cepat karena modalnya tidak besar.
3. Risiko yang dihadapi juga tidak besar
4. Untuk menghilangkan alasan bagi saya bahwa bisnis itu butuh modal. (dalam arti uang). Sehingga mau tidak mau saya harus berbisnis.

Selain itu yang terpenting adalah akan dibawa ke mana bisnis recehan itu selanjutnya..Pertanyaan yang menarik. Awal boleh receh..setelah itu...(silahkan dipikir sesuai dengan keinginan masing2). Salam sukses !

Dibawah ini merupakan tulisan Pak Roni Yuzirman yang merupakan founder TDA. Dalam tulisan tsb. terlihat bagaimana beliau menyikapi bisnis yang dibilang "recehan".

Demikian kata-kata yang saya ingat dari kawan saya, Pak Valentino Dinsi saatmengisi ceramah motivasi entrepreneurhip di Masjid Sunda Kelapa tahun lalu.

Sampai sekarang kata-kata itu masih saya ingat.

Ia memberi contoh tentang bisnis yang sedang dibangunnya saat itu. Jaringangerobak mie ayam.

Jualan mie ayam adalah bisnis informal, bisnis yang dapat duitnya recehan.Satu gerobak, paling-paling omzetnya 100-300 ribu per hari.Tapi, bayangkan kalau ia punya jaringan 1.000 outlet. Kalikan saja. Sekitar100-300 juta per hari omzetnya.

Jangan remehkan bisnis recehan, katanya. Lihat potensi "faktor kalinya".

Kenapa saya tertarik menulis bisnis recehan seperti ini?Ya, karena sekarang ini saya juga lagi mulai bisnis skala "recehan". Ya, itujualan tas laptop Deuter <http://taslaptop. blogspot. com/>. Hasilnya menurutsaya masih termasuk recehan.

Sehari bisa laku 1-2 pcs. Dapat untung 50-100 ribuan. Lumayan. Buatnambah-nambah uang dapur. Hehe...

Tapi saya seneng aja. Excited. Saya suka mencoba hal-hal baru seperti ini.

Saya suka bertanya, bisa nggak sih? Kalau bisa, seneeng rasanya...

Kita harus bisa menghargai yang kecil-kecil dulu, sebelum menghargai yangbesar.

Dari recehan 50 ribuan inilah perjalanan itu akan bergulir. Akan ke manabergulirnya bisnis recehan ini? Nah, itulah pertanyaan yang menarik danmenantang.

Kalau mulai bisnis langsung untung jutaan sehari itu kurang seru ceritanya.Tapi kalau dimulai dari yang kecil kemudian membesar dan membesar, baruseru.

Seorang klien saya di Purbalingga memulai bisnis toko agrobisnisnya dengankeuntungan 36 ribu rupiah seharinya.

Itu sekitar 10 tahun lalu. Sekarang omzet per bulannya bisa mencapai 2-4miliar.

Jadi, cobalah nikmati lembaran-lembaran ribuan yang kecil itu dulu. Nikmatiprosesnya. Hargai uang yang "sedikit" itu. Dengan menghargai yang kecil,kita akan bisa menghargai yang besar.

Saya teringat kata-kata bijak mengenai leadership. "Orang besar dilihat daribagaimana ia memperlakukan orang kecil". Saya kira kata-kata ini jugaberlalu di dalam berbisnis.Salam FUUUNtastic!Wassalam,Roni <http://roniyuzirman .com/>, Owner Manet BusanaMuslim<http://manetbusanam uslim.blogspot. com/>

NB - Pak Jonru menulis kesaksian di blognya. Tahun 2007 ini adalah titikbalik dalam perjalanan hidupnya. Dan ia berani mengatakan bahwa *"hampirsemua orang yang berpengaruh besar terhadap hidup saya di sepanjang tahun2007 adalah sahabat-sahabat saya dari komunitas **TDA*<http://tangandiatas .com/>*".* Silakan baca cerita selengkapnya disini<http://www.jonru. net/2007- tahun-titik- balik>.

Wass.wr.wb.

1 komentar:

Ois Chanel mengatakan...

Katalog promo JSM Alfamart kini hadir lagi dengan promo jsm selama 5 hari dari tanggal 24-28 Juli 2020.

Jangan sampai kelewatan, semuanya ada dalam katalog promo JSM Alfamart yang dirangkum

Katalog tidak hanya promo jsm melainkan sejumlah program promo juga dihadirkan untuk menambah menu pilihan lebih banyak lagi dalam belanja hemat.

Alfamartku menghadirkan promo dengan sejumlah produk kebutuhan sehari - hari serta produk lainnya hingga snack dan camilan..