Kamis, 15 Januari 2009

Perjuangan Baru Saja Dimulai (Episode 2)

Ass.wr.wb.

cerita sebelumnya bisa dibaca di sini

Tes yang dilakukan ada beberapa diantaranya BERA,Tympanometri, ASSR. Setelah tes, asistennya dr.Ronny didampingi oleh dr.Ronny (sepertinya mahasiswi yang sedang mengambil spesialis) menjelaskan hasil tes pendengaran. Hasil tes pendengaran menunjukkan bahwa kedua pendengaran Rika terganggu dengan kategori berat (pada tahap ini saya mencoba tidak bersedih dan bersabar..walaupun sangat berat dilakukan). Telinga kiri >120db dan telinga kanan 80-90 db. Kemudian beliau menyarankan agar Rika memakai alat bantu dengar (belum pernah terbayangkan oleh saya bayi menggunakan alat bantu dengar dan bayi itu adalah anak kami). Ibu mertua saya bertanya bagaimana jika dengan implan (cochlear implant) namun sang asisten dr.Ronny (dr.Ronny masih berada di sampingnya) tersebut menjawab bahwa TIDAK MEREKOMENDASIKAN untuk implan dengan beberapa alasan:
1. Risikonya terlalu besar
2. Biayanya sangat mahal
pada saat itu kami menerima saja pendapat tersebut (karena pada saat itu memang kondisi kami sangat minim informasi dan masih belum bisa berpikir karena hasil tes tsb.) walaupun akhirnya ada suatu peristiwa yang membuat wawasan kami menjadi terbuka (Allah memang Maha Adil..).

Kemudian mereka mempersilahkan kepada kami untuk mencari informasi mengenai alat bantu dengar yang akan digunakan Rika.Karena di sebelah ruangan tersebut ada distributor alat bantu dengar, akhirnya kami memutuskan untuk mencari informasi di distributor tsb dan kami memutuskan untuk membeli di sana. Barang yang kami pesan tidak ada persediaan sehingga kita harus menunggu sekitar seminggu dan nanti akan dihubungi kembali. Begitu konsultannnya (mereka menggunakan istilah konsultan untuk bag.penjualannya) menjelaskan.

Setelah seminggu lebih tidak ada kabar, akhirnya kami putuskan untuk menelpon konsultan tsb. Telpon tidak pernah diangkat dan dia tidak pernah satu kali pun mencoba menghubungi kami sampai beberapa bulan..(mungkin dia tidak bisa merasakan bagaimana jika dia yang mengalami kondisi ini).

Karena harus berpacu juga dengan waktu dalam penanganan mata kanannya akhirnya kami memfokuskan terlebih dahulu pada pengobatan mata kanan Rika. Setelah beberapa kali berkonsultasi dengan dr.Loumongga akhirnya diputuskan untuk mengoperasi mata kanan Rika dan setelah dioperasi Rika diharuskan menggunakan lensa kontak. .(sedih sekali rasanya karena anak pertama kami harus dioperasi di usianya yang masih 6 bulan dan harus menggunakan lensa kontak). Hasil dari operasi ini tidak serta merta membuat penglihatan mata kanan Rika menjadi bagus, sangat tergantung pada terapi setelah operasi. Bisa dibilang tidak diketahui pengaruhnya terhadap kondisi penglihatan meskipun setelah dioperasi. Tapi dr.Loumongga menyatakan itu lebih baik dari pada tidak dilakukan tindakan sama sekali terhadap mata kanan Rika.

Sehari sebelum operasi, Rika diharuskan masuk ke RS.AINI untuk diambil darahnya. Sangat mengejutkan karena hasil tes menunjukkan Hb Rika 8,5 padahal satu bulan sebelumnya 11. Dan menurut tante (dari istri saya) yang juga seorang dokter hal itu bisa saja terjadi jika Rika kehilangan darah dalam jumlah yang cukup banyak. Namun hal itu tidak terjadi pada Rika. Kami mulai panik..apalagi yang akan terjadi demikian pikiran kami. Kemudian susternya menanyakan status mata kiri yang akan dioperasi (Astaghfirullah!!). Seharusnya mata kanan yang akan dioperasi bukan mata kirinya. Akhirnya malam itu juga kami memutuskan untuk pulang dan tidak jadi dioperasi di RS tsb.

bersambung...

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Masya Allah...berat bgt cobaan yg lg loe hadapi bro...
Yang tabah, sabar dan tawakal selalu ya rob...
Insya Allah kan ada jalan keluar dr smua masalah...
Yang penting yakin dan terus berusaha...
Dan sll cb renungi hikmah yg Allah sdg anugrahkan ke loe lwt cobaan ini...
Juz let us know klo ada yg bs dibantu...
Gw akan mampir2 ke blog loe tuk baca2 perkembangan terakhir...
Selamat berjuang...smangat!!!Allahu Akbar!!!!

-Marsudi Family-

investasi mengatakan...

kunjungi http://www.investasijutawan.com

bisnis mengatakan...

klik juga http://www.bisnisindonesian.com