Minggu, 28 Oktober 2007

Pertemuan Singkat dengan Penjual Otak-Otak..

Ass.wr.wb.

Pada saat menuju rumah orang tua di Rw.Mangun, kami (saya dan istri) merasa lapar. Sekilas terlihat penjual otak-otak di tepi jalan. Saya langsung meminggirkan kendaraan untuk membeli otak-otak. Lumayan buat ganjel biar gak kelaperan. Oh ya, otak-otak yang panjang adalah kesukaan kami berdua..

Setelah bertanya satu otak2 harganya berapa. Saya memulai pembicaraan. Saya bertanya "Pak, sehari bersihnya berapa?" (Mudah2an penjual otak2 tidak berpikiran saya lancang. Mohon maaf ya Pak.. :) ) .Dia menjawab "+/- 50 rb, pak". Kemudian saya bertanya kembali."Kalo bikin sepeda untuk jual otak2 ini berapa pak?". Penjual otak-otak menjawab "Kalo bikin begini bisa 300 rb." Saya bertanya lagi "Kalo belanja sehari berapa pak?". Tukang otak-otak bilang "200 rb pak".

Dari percakapan singkat tersebut saya mencoba berhitung ala kadarnya. Seandainya keterangan yang diberikan ini akurat. Maka sebenarnya dengan modal 5 jt kita bisa memiliki 10 sepeda penjual otak-otak (300rb x 10 +200rb x 10). Dengan asumsi keuntungan 30rb (asumsi pesimis: 60% x 50rb ) maka kita memperoleh keuntungan 30rbx10=300 rb per bulan. Anggap saja kita berbagi hasil 50:50 dari keuntungan maka kita memperoleh keuntungan 150 rb per hari. Kalo 1 bulan (asumsi:20 hari kerja) kita memperoleh keuntungan 150rb x 20 =3 jt (belum termasuk penyusutan, perawatan). Luar biasa juga ya..

Mungkin ada yang menilai kecil untuk 3 jt. Tidak apa2. Karena tiap orang punya ekspektasi yang berbeda. Tapi menurut saya, keuntungan terbesar adalah kita memiliki 10 karyawan. dari 10 karyawan tersebut mungkin ada yang berkeluarga dan memiliki anak. Hmmmh..Ternyata kita telah bermanfaat bagi orang. Mungkin kalo mau liat efeknya lebih jauh lagi ya sudah membantu pemerintah mengurangi penganguran.

Terakhir saya katakan kepada penjual otak-otak tersebut "Terima kasih pak atas ide briliannya!".

Wass.wr.wb.
















Tidak ada komentar: